Penerapan Model Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ.1 di SMK Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara

FIRDAUS, FIRDAUS (2015) Penerapan Model Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ.1 di SMK Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FIRDAUS..docx

Download (13kB)

ABSTRAK FIRDAUS. 2015. Penerapan Model Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ.1 di SMK Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Ilham Minggi). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan model kooperatif dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dan untuk mengetahui apakah dengan model dan pendekatan tersebut dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan 1 di SMK Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan September 2015 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ.1 dengan jumlah 22 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 14 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif pada setiap siklusnya. Kesimpulan setelah pelaksanaan tindakan yaitu, 1) dalam proses penerapan model kooperatif dengan pendekatan saintifik dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: (i) mengawali dengan pemberian salam dan dilanjutkan dengan doa bersama (ii) mengecek kehadiran siswa, (iii) memberikan apersepsi (iv) memberikan informasi dan pentingnya mempelajari materi tersebut, (v) membentuk kelompok yang heterogen dan membagikan LKS yang berisikan langkah-langkah pemecahan masalah, (v) melalui LKS pula kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan dapat terjadi dengan baik, (vi) memberikan bimbingan berkaitan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok atau klasikal, (vii) senantiasa memberikan motivasi (viii) membahas tugas yang diberikan, dan (ix) memberikan pujian/penghargaan 2) selanjutnya sebagai kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Saintifik, Kemandirian, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:05
Last Modified: 06 Dec 2016 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item