Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran TAPPS terhadap Motivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar

Hakim, Fauziah (2014) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran TAPPS terhadap Motivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fauziah Hakim.docx

Download (21kB)

ABSTRAK Fauziah Hakim, 2014. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran TAPPS terhadap Motivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ruslan dan Alimuddin). Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan strategi pembelajaran TAPPS terhadap motivasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Makassar tahun pelajaran 2013/2014 dan dipilih secara purpossive 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan VIII9 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran TAPPS berada pada kategori baik, terlihat dari persentase kategori baik yaitu 80%; (2) motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori berada pada kategori baik, terlihat dari persentase kategori baik yaitu 66,7%; (3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran TAPPS mempunyai skor rata-rata 75,6 dengan standar deviasi 11,0 dan persentase terbesar berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 40%; dan (4) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori mempunyai skor rata-rata 70,8 dengan standar deviasi 10,1 dan persentase terbesar berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 61,5%. Sedangkan dari hasil analisis statistika inferensial menggunakan uji One Way MANOVA diperoleh bahwa (1) p-value dari uji analisis multivariate adalah 0,046, lebih kecil dari α = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran TAPPS terhadap motivasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara bersama-sama; (2) p-value untuk variabel motivasi belajar matematika dari uji Between-Subjects Effects adalah 0,048, lebih kecil dari α = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran TAPPS terhadap motivasi belajar matematika siswa; dan (3) p-value untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematika dari uji Between-Subjects Effects adalah 0,047, lebih kecil dari α = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran TAPPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci: Strategi pembelajaran TAPPS, motivasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika. ABSTRACT Fauziah Hakim, 2014. The Effect of Using TAPPS Learning Strategy On Motivation In Learning Mathematics and Mathematical Problem Solving Ability of Eighth Grade Students of MTsN Model Makassar. Thesis. Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Science. State University of Makassar (supervised by Ruslan and Alimuddin). This research aims to find out the effect of using TAPPS learning strategy on students’ motivation in learning mathematics and mathematical problem solving ability. Experimental unit in this research is eight grade students of MTsN Model Makassar in the academic year of 2013/2014 and taken purposively 2 classes as research sample, class VIII8 as experimental class and class VIII9 as control class. The collected data are students’ motivation in learning mathematics and mathematical problem solving ability. The techniques of data analysis are descriptive and inferential statistics. The results of descriptive analysis as follows: (1) students’ motivation in learning mathematics taught by TAPPS learning strategy is in good category, with the largest percentage is good category, that is 80%; (2) students’ motivation in learning mathematics taught by expository learning strategy is in good category, with the largest percentage is good category, that is 66.7%; (3) students’ mathematical problem solving ability taught by TAPPS learning strategy have the mean score of 75.6 with a standard deviation of 11.0 and the largest percentage (40%) is in the high category; and (4) students’ mathematical problem solving ability taught by expository learning strategy have the mean score of 70.8 with a standard deviation of 10.1 and the largest percentage (61.5%) is in the medium category. While the results of inferential statistics using One Way MANOVA test as follows: (1) p-value from multivariate analysis test is 0.046, less than α = 0.05. Thus, it can be concluded that there is effect of using TAPPS learning strategy on students’ motivation in learning mathematics and mathematical problem solving ability simultaneously; (2) p-value for motivation in learning mathematics variable from Between-Subjects Effects test was 0.048, less than α = 0.05. Thus, it can be concluded that there is effect of using TAPPS learning strategy on students’ motivation in learning mathematics; and (3) p-value for mathematical problem solving ability variable from Between-Subjects Effects test is 0.047, less than α = 0.05. Thus, it can be concluded that there is effect of using TAPPS learning strategy on students’ mathematical problem solving ability; Keywords: TAPPS learning strategy, motivation in learning mathematics, mathematical problem solving ability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:04
Last Modified: 06 Dec 2016 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item