Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia

AIMAH, UMMU (2013) Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
UMMU AIMAH.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK UMMU AIMAH. 2011. Keefektifan Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia (dibimbing oleh Muhammad Jufri dan Hamka L). Strategi Reciprocal Teaching adalah suatu strategi pembelajaran yang mengajarkan empat strategi pemahaman diri spesifik yaitu perangkuman, pengajuan pertanyaan, pengklarifikasian dan memprediksi melalui pengajaran dan pemodelan. Reciprocal Teaching adalah strategi pembelajaran melalui kegiatan mengajar teman, pada strategi ini siswa berperan sebagai guru menggantikan peran guru untuk mengajarkan teman-temannya, sementara itu guru hanya sebagai fasilitator yang memberi kemudahan dan pembimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Reciprocal Teaching efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA pada materi sistem reproduksi manusia.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Pretest – Posttest Group . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gantarang Kabupaten Bulukumba dengan jumlah 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semeter genap tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial yang kemudian diuji dengan menggunakan uji-t dan program analisis statistik SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Reciprocal Teaching efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA pada materi system reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:53
Last Modified: 06 Dec 2016 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item