MUTTAMIRATI, MUTTAMIRATI (2013) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Teknik Mind Mapping pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
MUTTAMIRATI.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK MUTTAMIRATI. Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Teknik Mind Mapping pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang (dibimbing oleh A. Asmawati Aziz dan Andi Mu’nisa) Penelitian tindakan kelas ini (Classroom Action Research) bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan teknik Mind Mapping pada materi system ekskresi kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang. Subjek penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas XI IPA B yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan enam kali pertemuan. Pengambilan data hasil belajar siswa dilakukan pada tiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk motivasi, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, dan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 82% meningkat pada siklus II menjadi 85% 2) Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II pada setiap indikator. 3) Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 80,0 pada siklus I menjadi 85,0 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 63,89% dan mencapai 91,67% pada siklus ke II. Kesimpulan penerapan teknik mind mapping dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang pada materi sistem ekskresi Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Mind Mapping ABSTRACT MUTTAMIRATI. 2014. The Improvement of Motivation, Activity, and Learning Result of Students through the Implementation Of Mind Mapping Technique On Excretory System Of Grade XI IPA B Students at SMAN 2 Sengkang (Supervised by Andi Asmawati Azis and Andi Mu’nisa). The study is a classroom action research which aims at improving motivation, activity and learning result of Biology subject through the implementation of Mind Mapping technique on Excretory system material of grade XI IPA B at SMAN 2 Sengkang. The subjects of were 36 students of grade XI IPA B consisted of 14 male students and 22 female students in academic year 2013/2014. The study was conducted in two cycle of 6 meetings. Data on students’ learning result was conducted at the of each cycle. Data were collected using questionnaire of motivation, test the learning result in a form of multiple choice, and observation sheet of students’ learning activity. Data collection was analyzed by employing statistic descriptive quantitative analysis. The results of the study revealed that (1) Students’ learning motivation in cycle I was 82% improved in cycle II to 85%, (2) Students’ activity indicated improvement from cycle I to cycle II in each to indicators, (3) The mean score of students’ learning result improved from 80.0 in cycle I to 85.0 in cycle II. The learning mastery of students in cycle I was 63.89% and achieved 91.67% in cycle II. The conclusion of the study was the implementation of Mind Mapping technique could improve motivation, activity, and learning result of grade XI IPA B students at SMAN 2 Sengkang on Excretory system. Key Words: motivation, activity, learning result, Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 00:34 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 00:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1530 |
Actions (login required)
View Item |