Mayasari, Mayasari (2016) Penerapan Pembelajaran Berorientasi Multimedia Presentasi Power Point untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Mayasari.docx Download (16kB) |
Abstract
ABSTRAK Mayasari.PenerapanPembelajaranBerorientasi Multimedia Presentasi Power Point untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarPesertaDidik SMA Negeri 1 Wangi-Wangi KabupatenWakatobi.(dibimbing oleh Dr. KaharuddinArafah, M.Si dan Drs. Subaer, M.Phil, Ph.D) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi tahunpelajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 20 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes akhir pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasilanalisiskuantitatif data hasilbelajarfisikamenunjukkanbahwajumlahpeserta didik yang tuntasbelajarnyapadasiklus I adalah7 orang atau 65 % dansiklus II adalah18 orang atau90 %. Dan diperolehpersentase rata-rata motivasibelajarfisikapesertadidik sebesar 82 %pada siklus I dan 91% padasiklusIIdenganpengkategorianseluruhpesertadidikmencapaikategorisangattinggiBerdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berorientasi multimedia presentasi power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PembelajaranBerorientasi Multimedia Presentasi Power Point, Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:42 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1492 |
Actions (login required)
View Item |