Penggunaan Strategi Pembelajaran Fisika Berorientasi Aktivitas Siswa Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar

Asraeni, Asraeni and Haris, Abdul and Helmi, Helmi (2019) Penggunaan Strategi Pembelajaran Fisika Berorientasi Aktivitas Siswa Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
48. Skripsi Asraeni.docx

Download (21kB)

Abstract

Asraeni, 2018 Penggunaan strategi pembelajaran fisika berorientasi aktivitas siswa pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Haris dan Helmi) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas belajar peserta didik SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar. Subjek penelitian ini adalah empat orang peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadyah 1 Unismuh Makassar dan dipilih berdasarkan hasil observasi dan wawancra dengan guru fisika. Pada penelitian ini terdapat enam indikator aktivitas belajar siswa yang menjadi dasar peneliti untuk mengetahui kemampuan olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga setiap responden. Keenam indikator tersebut adalah kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengar, kegiatan menulis, kegiatan motorik dan kegiatan emosional. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan olah hati, olah rasa olah pikir dan olah raga setiap responden berbeda-beda. Responden a berada pada kategori sangat baik dengan memperoleh hasil tes sebesar 79.95, responden b pada kemampuan olah rasa sangat baik sedangkan pada kemampuan olah hati, olah pikir dan olah raga cukup baik serta nilai tes sebesar 73,68. Responden c berada pada kategori sangat baik dengan hasil tes sebesar 73.68 dan responden d berada pada kategori kurang baik dengan hasil tes sebesar 68.42.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PBAS, Aktivitas siswa, pendekatan kualitatif
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13833

Actions (login required)

View Item View Item