Pengaruh Media Pembelajaran M-Learning pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 5 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi)

Pratama, Anugrah (2019) Pengaruh Media Pembelajaran M-Learning pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 5 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Anugrah.docx

Download (44kB)

Abstract

Anugrah Pratama. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran M-Learning pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 5 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi).Skripsi. JurusanPendidikan Kimia, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini, yaitu apakah ada pengaruh media ¬m-learning terhadap hasil belajar peserta didi kkelas XI SMAN 5 Makassar pada materi pokok laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian ini adalah Pretest-Postest Control Grup Design. Populasi penelitian ini berjumlah 238 peserta didik pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terbagi kedalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas MIA-3 sebagai kelompok control dankelas MIA-6 sebagai kelompok eksperimen yang diambil melalui teknik simple random sampling. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan media m-learning dalam model discovery learning dan kelompok kontrol hanya dibelajarkan dengan memberikan model discovery learning. Variabel bebas yaitu media m-learning pada model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran discovery learning tanpa media pembelajaran m-learning. Variabel terikat yaitu hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMAN 5 Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar peserta didik berupa tes awal dan tes akhir. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media ¬m-learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 5 Makassar pada materi pokok lajureaksi. Hasil analisis ujit-test menunjukkan thitung > ttabel (3.953 > 2.042). Artinya, H1diterima. Kesimpulannya adalah ada pengaruh media m-learning pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasilbelajar pesertadidikkelas XI MIA SMAN 5 Makassar pada materi pokok laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: M-Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, dan LajuReaksi
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item