PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR OVERLEARNING MELALUI MEDIA QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA KONSEP KINGDOM ANIMALIA

HASRIYANA S, HASRIYANA S (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR OVERLEARNING MELALUI MEDIA QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA KONSEP KINGDOM ANIMALIA. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (35kB)

HASRIYANA S. 2018. Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Overlearning melalui Media Quipper School Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Biologi Peserta Didik pada Konsep Kingdom Animalia (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Muhammad Danial). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar overleaning dengan media Quipper School terhadap hasil belajar dan retensi biologi peserta didik. Jenis penelitian adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda melalui Quipper School menggunakan analisis statistik deskriptif menggunakan uji normalitas gain. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari skor rata-rata pretest sebesar 24,38 ke posttest dengan rata-rata skor sebesar 69,88 yang berada pada kategori kurang, dengan nilai n-gain sebesar 0,6 yang berada pada kategori sedang. Perubahan retensi dengan peningkatan rata-rata skor dari pretest 24,38 ke posttest 65,50 yang berada pada kategori sedang dengan nilai gain 0,5 yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:58
Last Modified: 12 Mar 2019 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12545

Actions (login required)

View Item View Item