NURSAKIAH., NURSAKIAH. (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Suku Banyak berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI (group investigation) dengan pendekatan scientific Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
NURSAKIAH..docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK NURSAKIAH. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Suku Banyak berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI (group investigation) dengan pendekatan scientific Kelas XI SMA. (Dibimbing oleh Ruslan dan Alimuddin) Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam penerapan kurikulum 2013, guru dituntut menggunakan pendekatan scientific dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran suku banyak berbasis model pembelajaran kooperatif tipe GI (group investigation) dengan pendekatan scientific di SMA kelas X yang berkualitas baik melalui suatu proses pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan dimodifikasi dari teori pengembangan model 4-D (four D models) oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Tahapan yang ditempuh yaitu (a) Pendefinisian (Define), (b) Perancangan (Design), (c) Pengembangan (Develop), dan (d) Penyebaran (Disseminate). Untuk mengukur kualitas digunakan kriteria antara lain (1) kevalidan dengan intrumen lembar validasi, (2) kepraktisan dengan instrumen lembar pengamatan keterlaksanaan, dan (3) keefektifan dengan instrumen lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru, angket respons siswa, dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini berupa produk, yaitu: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Lembar Kerja Siswa, (3) Buku Siswa, (4) Tes Hasil Belajar (5) Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, (6) Lembar Pengamatan Aktivitas Guru dan (7) Respon siswa dalam pembelajaran suku banyak secara keseluruhan telah memenuhi kriteria sahih, efektif, dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:11 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1177 |
Actions (login required)
View Item |