Eksplorasi Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa dalam Belajar Matematika dengan Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Watampone.

ASMARJUN, ASMARJUN (2014) Eksplorasi Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa dalam Belajar Matematika dengan Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Watampone. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ASMARJUN.docx

Download (14kB)

ABSTRAK ASMARJUN.2015. Eksplorasi Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa dalam Belajar Matematika dengan Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Watampone. (Dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Alimuddin) Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam belajar matematika dengan pendekatan saintifik setting kooperatif tipe STAD; dan (ii) mendeskripsikan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika dengan pendekatan saintifik setting kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksploratif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes berpikir kritis, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang dibagi dalam tiga kategori yaitu, satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa yang berkemampuan sedang, dan satu siswa yang berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) aktivitas siswa dalam belajar matematika, (a) berinteraksi: ketiga subjek melakukan pembagian tugas, menawarkan solusi pada teman kelompoknya, memberikan bantuan pemahaman dan evaluasi kepada teman kelompok oleh subjek 1 dan subjek 2, bertanya untuk meminta bantuan oleh subjek 2 dan subjek 3, serta upaya kreasi, menangani perbedaan pendapat serta pemberian tutorial oleh subjek 1. (b) Mengamati; ketiga subjek memperhatikan demonstrasi guru, mencari informasi dari berbagai sumber, menyimak informasi dari teman kelompoknya dan kelompok lain. (c) Menanya: subjek 1 cendrung bersifat evaluasi, sedangkan subjek 2 dan subjek 3 bersifat pengembangan berpikir. (d) Mencoba: subjek 1 melakukan perhitungan secara mandiri, pengembangan solusi sedangkan subjek 2 dan subjek 3 melakukan koordinasi dengan teman kelompok. Selanjutnya ketiga subjek menerapkan strategi diskusi berpasangan. Subjek 1 dan subjek 3 melakukan hipotesis, sedangkan subjek 2 melakukan koordinasi. (e) Bernalar : ketiga subjek menelaah dan menentukan konsep permasalahan, membandingkan pola hubungan konsep. Subjek 1 mengembangkan rencana strategi penyelesaian masalah yang kompleks, subjek 2 dan subjek 3 mencermati ulang hasil pekerjaan kelompoknya. (f) Mengkomunikasikan: ketiga subjek mempersentasikan hasil pekerjaan individunya, subjek 1 dan subjek 2 mendeskripsikan konsep dan penyelesaian masalah, subjek 3 yang hanya melakukan konfirmasi dan penjelasan tambahan, sedangkan subjek 1 mendeskripsikan hasil analisis secara lisan dengan medeskripsikan konsep secara sistematis terhadap teman kelompoknya dan melakukan persentasi di depan kelas atau kelompok lain. (ii) berpikir kritis siswa dalam belajar matematika, (a) Menerima atau menolak argumen, gagasan atau keputusan dengan alasan yang jelas dan logis: Pada indikator menganalisis argumen ketiga subjek melakukan identifikasi unsur-unsur dari soal/informasi dengan membaca minimal dua kali untuk subjek 1 dan subjek 2 sedangkan subjek 3 membaca soal mininal 3 kali. Pada indikator memfokuskan argumun atau pertanyaan, ketiga subjek melakukan dengan identifikasi ,memahami, meneliti soal, subjek 1 dan subjek 3 melakukan analisis pada redaksi soal sedangkan subjek 2 dilakukan dengan mengaitkan soal/informasi dengan konsep yang dipahami. (b) Membuat Hipotesis Berdasarkan Pengetahuan yang Dimiliki dengan Alasan yang Jelas dan Logis: Pada indikator mengidentifikasi asumsi, membaca soal berulang-ulang, subjek 1 melakukan ilustrasi, sedangkan subjek 2 dan subjek 3 melakukan analisa dan identifikasi soal. Pada indikator melukiskan solusi dari permasalahan, ketiga subjek melukiskan ketentuan soal, subjek 1 dan subjek 2 melakukan analisis mendalam, sedangkan subjek 3 tidak melakukan hal tersebut, kemudian subjek 2 dan subjek 3 mengalami kesulitan pada soal/informasi yang kompleks. (c) Menentukan dan Membuat Kesimpulan Berdasarkan Hasil Percobaan dengan Alasan yang Jelas dan Logis: Ketiga subjek memperhatikan perintah soal dan melakukan evaluasi untuk meyakini kesimpulan yang dibuat. Kata kunci: Aktivitas, Berpikir Kritis, Saintifik, dan Kooperatif Tipe STAD.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:10
Last Modified: 26 Oct 2016 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item