Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani (2017) Teaching Thinking: Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa melalui PBLRQA (Integrasi Problem-based Learning dan Reading, Questioning, & Answering). In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.
|
Text (Artikel Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Seminar Nasional - Teaching Thinking Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Melalui PBLRQA....pdf - Published Version Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
Hasil Peer Review Teaching thinking.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak - Selama ini, proses perkuliahan sebagian besar masih berorientasi pada penguasaan konsep dan belum mengupayakan untuk pemberdayaan keterampilan metakognitif mahasiswa. Hal ini berimplikasi terhadap kemampuan kognitif mahasiswa cenderung rendah karena belum terlatih menjadi self-regulated learner. Dibutuhkan suatu strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan di atas. Strategi yang dianggap tepat untuk diterapkan adalah strategi Problem Based Learning (PBL) dan Reading Questioning and Aswering (RQA). Strategi RQA dapat diintegrasikan ke dalam strategi PBL (selanjutnya disebut PBLRQA) agar RQA dapat menutupi kekurangan dari PBL. Strategi RQA mampu “memaksa” mahasiswa membaca materi sebelum masuk kelas sehingga mereka memiliki pengetahuan awal yang akan diperlukan untuk memecahkan masalah dalam PBL. Strategi PBLRQA berpotensi untuk memberdayakan keterampilan metakognitif mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung melalui sintaks pembelajarannya. Kata kunci: Problem-based Learning, Reading Questioning Answering, keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 08 Dec 2018 16:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 02:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11573 |
Actions (login required)
View Item |