Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII SMP

JAELANI, ABD. KADIR (2013) Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII SMP. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABD. KADIR JAELANI..docx

Download (17kB)

ABSTRAK ABD. KADIR JAELANI. Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII SMP (dibimbing oleh Baso Intang dan Ilham Minggi). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat penilaian autentik pada pokok bahasan teorema Pythagoras dan lingkaran yang sahih, andal, objektif dan praktis. Produk tersebut terdiri dari 11 komponen, yaitu (1) Instrumen tes hasil belajar siswa sebagai acuan untuk penilaian kinerja pada pokok bahasan teorema Pythagoras dan lingkaran; (2) Instrumen penilaian diri siswa; (3) Instrumen penilaian portofolio berupa karya terbaik dan catatan harian siswa; (4) Pedoman penilaian kinerja; (5) Pedoman penilaian diri; (6) Pedoman penilaian portofolio; (7) Instrumen uji kelayakan alat penilaian autentik; (8) Lembar observasi keterlaksanaan alat penilaian autentik; (9) Angket respon guru; (10) Angket respon siswa; dan (11) Lembar validasi. . Proses pengembangan alat penilaian autentik menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Ujicoba dilakukan di SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa pada siswa kelas VIII. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penilaian ini, disarankan: (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini, (2) pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri hendaknya dikembangkan juga pada materi lain agar dapat membantu guru dalam menilai siswa berdasarkan kemampuan yang siswa miliki. ABSTRACT ABD. KADIR JAELANI. 2013. The Development of Authentic Assessment Tools in Geometry in Class VIII at Secondary School (supervised by Baso Intang and Ilham Minggi). The study was a research and development which aimed at developing and producing a valid, reliable, objective, and practical authentic assessment tools in Geometry. The product consisted of 11 components, namely (1) student’s learning test instrument of performance assessment on Pythagoras theorem and circle, (2) student’s self assessment instrument, (3) portfolio assessment instrument of best work and student’s log, (4) performance assessment manual, (5) self assessment manual, (6) portfolio assessment manual, (7) feasibility test instrument of authentic assessment tools, (8) observation sheet of authentic assessment tools implementation, (9) teacher’s response questionnaire, (10) student’s response questionnaire, and (11) validation sheet. The development of authentic assessment tools employed a modification of Thiagarajan’s 4-D model. The tryout was conducted at SMPN 2 Barombong in Gowa district to class VIII student. The result obtained a valid, feasible, objective, and practical authentic assessment tools of learning Geometry. As the implication of the study, it is suggested that (1) the researchers who are interested to conduct further research to pay attention on the limitation of this study and (2) the development of authentic assessment tools in Geometry should be develoved in other materials to assist teachers in assessing students based on their abilities.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:09
Last Modified: 26 Oct 2016 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item