TAUFIK, TAUFIK (2013) keefektifan penerapan media animasi dengan setting koopetatif pada materi pokok kubus dan balok siswa SMP Negeri 1 Segeri. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Taufiq.docx Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Taufiq. keefektifan penerapan media animasi dengan setting koopetatif pada materi pokok kubus dan balok siswa SMP Negeri 1 Segeri (dibimbing oleh Hisyam Ikhsan dan Awi Dassa) Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan media animasi dengan setting kooperatif pada meteri pokok kubus dan balok siswa SMP Negeri 1 Segeri . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri dan sampel yakni kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diplih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri data atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data motivasi siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dan motivasi siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada pre-test bahwa nilai mean 30,07 dan standar deviasi 11,49, sedangkan pada post-test bahwa nilai mean 77,91 dan standar deviasi 7,62, tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test sebesar 100% dalam kategori tidak tuntas sedangkan pada post-test sebesar 93% dalam kategori tuntas, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, serta motivasi siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang. Berdasarkan data motivasi belajar matematika siswa pada pre-test bahwa nilai mean 47,06 dan standard deviasi 4,13 sedangkan pada post-test bahwa nilai mean 61,73 dan standar deviasi 5,32, persentase skor motivasi siswa pada pre-test yakni 3% dalam kategori tinggi, 77% dalam kategori sedang, dan 20% dalam kategori rendah sedangkan pada post-test yakni 17% dalam kategori sangat tinggi, 76% dalam kategori tinggi, dan 7% dalam kategori sedang, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik. Secara umum disimpulkan bahwa penerapan media animasi dengan setting kooperatif pada materi pokok kubus dan balok siswa SMP Negeri 1 Segeri dengan kategori cukup efektif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,025 dengan uji-t menunjukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika ternormalisasi gain setelah penggunaan media animasi dengan setting kooperatif pada materi pokok kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
View Item |