BAHRI B, SYAMSUL (2013) Deskripsi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangkala Kab. Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
SYAMSUL BAHRI B..docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK SYAMSUL BAHRI B. Deskripsi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bangkala Kab. Jeneponto. (Dibimbing oleh Komisi Penasehat Dr.Abdul Rahman, M.Pd dan Dr.Awi Dassa, M.Si). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menyelesaikan soal cerita siswa yang bergaya kognitif konseptual tempo yakni gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif ditinjau dari letak kesalahan (berdasarkan Newman error hierarchy) dan jenis kesalahan (berdasarkan 4 objek kajian matematika). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes gaya kognitif konseptual tempo atau MFFT (Matching Familiar Figures Tes), (2) tes masalah soal cerita, dan (3) pedoman wawancara yang semi terstruktur atau terbuka. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang terbagi atas 2 orang siswa dengan kategori reflektif dan 2 orang siswa dengan kategori impulsif. Hasil Penelitian ini adalah (1) Letak kesalahan yang sering dilakukan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita adalah transformation error dan process skill error sedangkan jenis kesalahannya adalah kesalahan konsep; (2) Letak kesalahan yang sering dilakukan siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita adalah comprehension error, transformation error dan process skill error sedangkan jenis kesalahannya adalah kesalahan konsep dan operasi; (3) Letak kesalahan yang sama-sama dilakukan oleh semua subjek adalah transformation error dan process skill error. Kedua kategori subjek (reflektif dan impulsif) sama-sama mengalami kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika (model matematika); (4) Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa reflektif dalam menyelesaikan soal cerita adalah salah dalam membuat model matematika; dan (5) Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa impulsif dalam menyelesaikan soal cerita adalah salah dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan salah dalam membuat model matematikanya. ABSTRACT SYAMSUL BAHRI B. Description on Errors in Solving the Story Problems Based on Cognitive Style of Conceptual Tempo of Grade VIII Students at SMPN 1 Bangkala in Jeneponto District. (Supervised by Dr.Abdul Rahman, M. Pd. and Dr.Awi Dassa, M.Si.). The study is a qualitative descriptive research which conducted at SMPN 1 Bangkala in Jeneponto district. The study aims at describing the errors in solving the story problems of students’ cognitive style of conceptual tempo, namely the reflective cognitive style and impulsive cognitive style viewed from error location (based on Newman’s error hierarchy) and types of errors (based on four object of study in mathematics). The instruments used were (1) test of cognitive style of conceptual tempo or MFFT (Matching Familiar Figures Test), (2) test on story question, (3) semi-structured or open guided interview. Data were collected by employing written test and interview. The subject of the study were 4 students consisted of 2 students with reflective category and 2 students with impulsive category. The result of the study reveal that (1) the errors done by the students who have reflective cognitive style in solving mathematics question in a form of a story are transformation error and process skill error, whereas, the type of error is comseptual error; (2) the errors done by the students who have impulsive cognitive style in solving Mathematics question in a form of a story are comprehension errors, transformation errors, and precess skill error, whereas, the type of error is error of fact and conceptual error; (3) the error done by all the subject is transformation error. The two category subjects (reflective and impulsive) are both have difficulties in changing the story problem to the form of mathematics problems (Mathematical model); (4) The most frequent errors made by students in completing reflective about the story is wrong in making mathematical models; and (5) the most common error made by students in solving word problems impulsivity is wrong in writing what is known and asked one of the questions and in making mathematical models.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1150 |
Actions (login required)
View Item |