Potensi Strategi Problem-based Learning (PBL) Terintegrasi Reading Questioning And Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda

Bahri, Arsad and Corebima, Aloysius Duran and Amin, Mohamad and Zubaidah, Siti (2016) Potensi Strategi Problem-based Learning (PBL) Terintegrasi Reading Questioning And Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (2). pp. 49-59.

[img] Text
jurnal pendidikan sains.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Hasil Peer Review Potensi PBl terintegrasi RQA.pdf

Download (1MB)

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh PBL, RQA, PBLRQA, dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa berkemampuan akademik berbeda pada perkuliahan Biologi Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretestposttest control group design. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes essay. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. PBLRQA berpotensi meningkatkan hasil belajar kognitif dibandingkan strategi lainnya, 2) hasil belajar kognitif mahasiswa berkemampuan akademik atas lebih tinggi daripada kemampuan akademik bawah, 3) interaksi antara strategi dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. PBLRQA dapat digunakan sebagai dasar pengembangan strategi pembelajaran Biologi dan pembelajaran lainnya. Kata kunci: Problem-based learning, reading questioning answering, hasil belajar kognitif, kemampuan akademik, biologi dasar

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 25 Nov 2018 07:12
Last Modified: 07 May 2019 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11488

Actions (login required)

View Item View Item