Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palopo

Raraswati, Siti Fauziah (2018) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palopo. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Raras.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palopo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Kompetensi Guru (X) dan Hasil Belajar (Y). Populasidan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS B dan XI IPS C di SMA Negeri 3 Palopo yang berjumlah 43 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 23.0.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, secara statistik hasil persamaan regresi linear sederhana diperoleh nilai Y = 55,870 + 0,257X, yang berarti bahwa konstanta sebesar 55,870 menyatakan bahwa jika kompetensi guru nilainya 0 maka hasil belajar tetap 55,870 dan koefisien regresi X=0,257 yang menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai kompetensi guru maka nilai hasil belajar bertambah sebesar 0,0,257. Korelasi antara kompetensi guru dan hasil belajar diperoleh koefisien r = 0,500 yang berada pada interval (0,40-0,599) dalam kategori sedang, koefisien determinasi r^2= 0,250 = 25% yang berarti bahwa kontribusi kompetensi guru terhadap hasil belajar sebesar 25% sedangkan sisanya 75% dipengaruh oleh faktor lain diluar faktor yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji-t diperoleh nilai dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini berarti hipotesis diterima, “Kompetensi Guru berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palopo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:50
Last Modified: 09 Jul 2018 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item