Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang Dalam Melukis Menggunakan Media Pensil Warna.

Tahir, Aswandi (2012) Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang Dalam Melukis Menggunakan Media Pensil Warna. Diploma thesis, FSD.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Aswandi Tahir, 2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Seni dan Desain. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan gambaran yang jelas tentang kemampuan melukis, kesulitan apa saja yang dihadapi, serta faktor penunjang dan penghambat yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang dalam melukis menggunakan media pensil warna. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik penelitian pustaka (dokumentasi) dan penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah sebagian dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang, yaitu siswa kelas VIIIa dan VIIIb. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa sebanyak 10 orang dan siswa kelas VIIIb sebanyak 10 orang yang diambil dari 15% dari populasi yang akan diteliti dengan menggunakan sistem pengambilan sampel dengan cara acak (random sampling), sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 20 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelitian tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan melukis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang dikategorikan cukup dalam melukis menggunakan media pensil warna, hal ini dapat dilihat dari persentase perolehan nilai tertinggi yaitu 50% atau sebanyak 10 siswa dari 20 sampel mendapatkan nilai yang dikategorikan cukup (7-7,9) dalam melukis menggunakan media pensil warna. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam melukis menggunakan media pensil warna yaitu kurangnya pengetahuan tentang teknik penggunaan pensil warna dalam melukis, sehingga menimbulkan kesulitan bagi mereka untuk berkarya dan mempelajari seni lukis. Hanya sarana ruang belajar serta guru seni budaya, namun fasilitas seni yang tidak disediakan oleh sekolah, serta metode belajar yang diterapkan oleh guru yang kurang efektif menjadi faktor penunjang dan penghambat yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajang dalam melukis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2018 01:50
Last Modified: 26 Jun 2018 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9346

Actions (login required)

View Item View Item