Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMA Negeri 5 Tellu Limpoe

SETIAWAN, RONI (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMA Negeri 5 Tellu Limpoe. Diploma thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
file lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengembangkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan modelpembelajaran yang efektif akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar sisiwa kelas X1 SMA Negeri 5 Sidrap serta gambaran hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Pre-Eksperimen The one Grup Pretest-posttest design dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X1 SMA Negeri 5 Sidrap, yang berjumlah 30 siswa. Karena jumlah populasi yang relative kecil sehingga dilakukan penarikan sampel sebanyak 100% dari populasi maka jumlah sample pada penelitian ini sebanyak 30 siswa (Satu Kelas Eksperimen).Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket,Tes,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk memiliki korelasi sebesar 0,782 berada pada kategori sedang dengan persamaan analisis regresi sederhana Y= -12,507 + 1,641X. Hasil uji hipotesis dengan SPSS diperoleh thitung = 6,640 dan ttabel sebesar 2,048 ini berartit hitung ≥ ttabel dengan nilai 6,640 ≥ 2,048 dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa dapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 5 Sidrap. Besarnya kontribusi pengaruh model pembelajaran tersebut adalah 61,2persen, sedangkan 38,8 persen tersebut dipengaruhi faktor-faktor lain yang belum dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 May 2018 04:07
Last Modified: 30 May 2018 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item