EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 MAKASSAR

Fajar, Nur Alam (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara pembelajaran menggunakan Virtual Learning dengan metode pembelajaran langsung pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Makassar. (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan Virtual Learning dengan metode pembelajaran langsung pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Makassar. (3) untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Virtual Learning lebih efektif dibanding pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas X SMK Negeri 2 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design dengan 70 sampel penelitian. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik dengan analisis Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajran Virtual Learning dengan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa kelas kontrol. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Virtual Learning dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. (3) Penggunaan media pembelajaran Virtual Learning lebih efektif dibanding pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Sistem Komputer. Kata Kunci: quasi eksperiment, Virtual Learning, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 May 2018 05:23
Last Modified: 24 May 2018 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item