Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Tamarunag Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Muliana, Muliana (2014) Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Tamarunag Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode eksperimen dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar siswa . Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dan 1 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisi data dengan analisis data kualitatif deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Hasil belajar siswa pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan secara klasikal yang telah ditentukan. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang sudah mengalami peningkatan dan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula pada aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang dan menjadi kategori baik pada siklus II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sudah mencapai indikator keberhasilan secara klasikal pada siswa kelas V SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:31
Last Modified: 25 Apr 2018 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item