Pemberdayaan Penyandang Tunanetra Melalui Kecakapan Hidup (Life Skill) di Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang

Bahar, Aswan (2015) Pemberdayaan Penyandang Tunanetra Melalui Kecakapan Hidup (Life Skill) di Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
2.BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Studi ini mengkaji pemberdayaan penyandang tunanetra melalui kecakapan hidup (Life Skill) di Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemberdayaan penyandang tunanetra melalui kecakapan hidup (Life Skill) di Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan penyandang tunanetra melalui kecakapan hidup (Life Skill) di Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber penelitian pada penelitian ini adalah Kepala SKB Ujung Pandang, pengelola kegiatan, dan 2 orang penyandang tunantetra. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah tahap perencanaan, persiapan dan evaluasi dari kegiatan pemberdayaan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penafisran data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan penyandang tunanetra melalui kecakapan hidup (life skill) di Sanggar Kegiatan Belajar Ujung Pandang Kota Makassar berjalan dengan baik dimana mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai pijat, medicure dan pedicure yang lebih dari yang mereka miliki sebelum mengikuti kegiatan pemberdayan di SKB Ujung Pandang sehingga penyandang tunanetra menjadi berdaya dalam mengelola usaha pijat mereka yang sudah ada atau bahkan yang bekerja di tempat pijat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:45
Last Modified: 24 Apr 2018 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7930

Actions (login required)

View Item View Item