Penerapan Teknik Latihan Ketegasan Untuk Meningkatkan Penghargaan diri Siswa di SMA Negeri 1 Takalar.Skripsi

ARSYITA B, HARMITA (2015) Penerapan Teknik Latihan Ketegasan Untuk Meningkatkan Penghargaan diri Siswa di SMA Negeri 1 Takalar.Skripsi. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
MITHA BAB 1 PERBAIKANn.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah penerapan teknik latihan ketegasan untuk meningkatkan Penghargaan Diri Siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Permasalahan yang dikaji yaitu (1). Bagaimana prosedur penerapan teknik latihan ketegasan dalam meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar? (2). Bagaimana tingkat penghargaan diri siswa sebelum dan setelah terapkan teknik latihan ketegasan di SMA Negeri 1 Takalar? (3). Apakah penerapan teknik latihan ketegasan dapat meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui prosedur penerapan teknik latihan ketegasan dalam meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar (2). Untuk mengetahui tingkat penghargaan diri siswa sebelum dan setelah diterapkan teknik latihan ketegasan untuk meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar. (3). Untuk mengetahui penerapan teknik latihan ketegasan dapat meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain Pre-Experimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1- X IPA 4 berjumlah 28 orang siswa dan sampel berjumlah 7 orang siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik latihan ketegasan untuk meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar dengan 4 tahap berjalan sesuai skenario yaitu (1) Penetapan kebutuhan (2) Pemberian informasi (3) Latihan penolakan (4) Latihan mengekspresikan perasaan. (2) Tingkat penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik latihan ketegasan berada pada kategori sedang, namun setelah diberi perlakuan berupa teknik latihan ketegasan tingkat penghargaan diri siswa berada pada kategori tinggi. (3) Penerapan teknik latihan ketegasan dapat meningkatkan penghargaan diri siswa di SMA Negeri 1 Takalar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:11
Last Modified: 23 Apr 2018 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7801

Actions (login required)

View Item View Item