Hamid, Wirdawati (2016) Pengembangan Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Teknik Pointilis untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FIP.
|
Text
9.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimanakah Kegiatan Mewarnai Gambar dengan Teknik Pointilis untuk Meningkatkan Motorik Halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?”. Tujuan Pengembangan pembelajaran ini yaitu untuk meningkatkan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointils di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Subjek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointilis menunjukkan peningkatan motorik halus anak. Anak dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi mata dan tangan yang baik. Sebagai kesimpulan, pengembangan kegiatan mewarnai gambar dengan teknik pointilis dapat meningkatkan motorik halus di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Karena itu, kegiatan mewarnai gambar dengan tehnik pointilis direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus di Taman Kanak-kanak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 00:32 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 00:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7775 |
Actions (login required)
View Item |