Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale Kabupaten Bulukkumba

SUHARNI, SUHARNI (2015) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale Kabupaten Bulukkumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan gambaran implementasi MBS di SD Negeri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale, (2) mendeskripsikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan (3) tantangan implementasi MBS di SD Negeri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yakni mendeskripsikan implementasi MBS, faktor input, proses, dan uotput, serta kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan implementasi MBS di SD Negeri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan format panduan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan keikutsertaan dalam pelaksanaan program MBS. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SD Negeri 3 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale didasarkan pada Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang disusun empat tahun sekali. RKS tersebut digunakan sebagai: (a) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan sekolah, (b) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelasanaan pengembangan sekolah, dan (c) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan sekolah, (2) faktor input (masukan) implementasi MBS di SD Negeri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale tercermin pada unsur program sekolah, sumber daya sekolah, kesiswaan, kurikulum, dan kemandirian. Faktor proses tercermin pada pengelolaan program, proses belajar mengajar, kerjasama, dan partisipasi, pengelolaan keuangan, dan kepemimpinan yang kuat. Sedangkan faktor output (luaran) tercermin pada unsur prestasi akademik dan non akademik, (3) kekuatan yang dapat menunjang implementasi MBS di SD Negri 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilauale adalah potensi sumber daya manusia, pengelolaan program, proses belajar mengajar, kerja sama dan partisipasi pengelolaan keuangan, kepemimpinan yang kuat, prestasi akademik, dan prestasi non akademik yang telah dicapai. Kelamahan yang dihadapi terutama pada pendanaan program, partisipasi pihak swasta, dan tingkat kelulusan siswa masih rendah. Peluang dalam implementasi MBS adalah semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, terjadi kompetisi secara sehat dikalangan guru dan staf untuk meningkatkan kinerjanya. Sedangkan tantangan yang dihadapi adalah belum ada kesamaan persepsi antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Di samping itu, belum semua guru memahami Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:50
Last Modified: 20 Apr 2018 08:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7759

Actions (login required)

View Item View Item