Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Kasmia, Kasmia (2014) Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Kasmia.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Kasmia. 2014. “Keefektifan Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.” Skripsi. Dibimbing oleh Salam dan Sulastriningsih Djumingin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berbicara dan keefektifan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap:(1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis statistik deskriptif, dan (4) analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara siswa kelas yang diajar dengan menggunakan media flashcard lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang diajar dengan media pembelajaran kartu. Temuan ini didukung oleh perolehan nilai rata-rata pre-test dan pos-test pada kelas yang diajar dengan menggunakan media flashcard termasuk dalam kategori tinggi yaitu 16,59 dan 24,81, sedangkan pre-test dan pos-test kelas yang diajar dengan media pembelajaran kartu termasuk dalam kategori sedang yaitu 16,52 dan 20,09. Nilai t hitung yang diperoleh dari uji hipotesis adalah 11,135. Sedangkan nilai t tabel adalah 2,019 dengan derajat kebebasan (dk) = n-1 (42-1= 41) dan signifikasi sebesar 5% untuk uji dua pihak (two tail test). Nilai untuk dk 41 tidak ada dalam tabel, maka dilakukan interpolasi sehingga diperoleh 2,019. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, maka nilai t hitung > t tabel yaitu 11,135 > 2,019 sehingga Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriwawo, sehingga media flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara. Diharapkan kepada pendidik-pendidik di sekolah agar memanfaatkan secara maksimal media-media yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbicara, media, flashcard

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:12
Last Modified: 20 Apr 2016 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item