Kemampuan Siswa Dalam Menggambar Perspektif dengan Benda Kubistis (Stusi pada Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep).

Amelia, Fivi (2015) Kemampuan Siswa Dalam Menggambar Perspektif dengan Benda Kubistis (Stusi pada Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep). S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.doc

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui dan menganalisis kemampuan siswa dalam menggambar perspektif dengan benda kubistis pada kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menggambar perspektif dengan benda kubistis pada kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep. Metode penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat evaluatif, artinya suatu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum atau deskripsi tentang apa yang akan diteliti melalui pengolahan data secara kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menjaring data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah tes praktek menggambar dan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan siswa dalam menggambar perspektif dengan benda kubistis pada kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep, baik dan positif, terbukti dari hasil angket diperoleh bahwa 84 % siswa memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, dan 96 % siswa ingin terus memperbaiki karya gambarnya. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menggambar perspektif dengan benda kubistis pada kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Minasa Te’ne Kabupaten Pangkep, di antaranya: (a) Penyampaian tujuan pembelajaran, artinya umumnya siswa diberi pengantar sebelum masuk ke materi ajar. (b) Pelaksanaan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran menggambar bentuk kubistik dengan menerapkan perspektif. (c) Melakukan monitoring kegiatan belajar di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 00:22
Last Modified: 18 Apr 2018 00:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item