Penerapan Soft Skill Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Palopo

Sabariana, Kadir (2015) Penerapan Soft Skill Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Palopo. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sabarianah Kadir..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Sabarianah Kadir. 2015. Penerapan Soft Skill Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Palopo (dibimbing oleh Purwaka Hadi dan Muhammad Anas). Penelitian ini mengkaji tingkat kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Palopo dengan penerapan soft skill melalui konseling kelompok. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan soft skill melalui konseling kelompok di SMA Negeri 2 Palopo. 2) Untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan soft skill melalui bimbingan kelompok di SMA Negeri 2 Palopo. 3)Untuk mengetahui penerapan soft skill melalui konseling kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Palopo. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang akan mengkaji tentang penerapan soft skill melalui konseling kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Palopo. Desain penelitian ini yakni Eksperimen yang digunakan adalah pretest – post test control group design Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gambaran pelaksanaan soft skill pada siswa SMA Negeri 2 Palopoberjalan sesuai skenario dan secara umum selama sebelum proses kegiatan dimulai siswa kurang memiliki soft skill dan setelah kegiatan selesai soft skill siswa dapat berkembang. 2) Gambaran tingkat kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Palopo pada kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan berupa soft skill melalui konseling kelompok berada pada kategori rendah, setelah diberikan perlakuan berupa soft skill melalui konseling kelompok berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan soft skill melalui konseling kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Palopo, artinya semakin diberi perlakuan berupa soft skill melalui konseling kelompok, maka akan diikuti dengan meningkatnya kemandirian belajar siswa. ABSTRACT Sabarianah Kadir. 2015. The Application of Soft Skill Through Group Counseling To Improve Student Learning At SMAN 2 Palopo (guided by Purwaka Hadi and Muhammad Anas). This study examines the level of independence for students at SMAN 2 Palopo with the application of soft skills through group counseling. The purpose of this study is 1) To know the description of the implementation of soft skills through group counseling at SMAN 2 Palopo. 2) To reveal the students' independence before and after soft skills through group counseling at SMAN 2 Palopo. 3) To determine the application of soft skills through group counseling can improve student learning independence at SMAN 2 Palopo. This research is a quantitative approach to the type of research experiments that will study about the application of soft skills through group counseling to improve student learning independence at SMAN 2 Palopo. The study design used the experiment was pretest - posttest control group design results showed: 1) The description of the implementation of the soft skills of the students of SMAN 2 Palopoberjalan according to the scenario and generally over before the activity starts students lack the soft skills and after the activity is completed soft skills students can thrive. 2) The level of independence for students at SMAN 2 Palopo in the experimental group before treatment is given in the form of soft skills through group counseling are in the low category, after being given treatment in the form of soft skills through group counseling at the high category. 3) Application of soft skills through group counseling can improve student learning independence at SMAN 2 Palopo, which means that the treated form of soft skills through group counseling, it will be followed by increasing student learning independence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:38
Last Modified: 27 Jun 2016 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item