Pengaruh Penguatan Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPS di SDN Karuwisi II Makassar

ASRINA, ASRINA (2017) Pengaruh Penguatan Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPS di SDN Karuwisi II Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui penggunaan penguatan verbal oleh guru dalam pembelajaran IPS dan cara belajar siswa kelas V SDN Karuwisi II Makassar, (ii) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pemberian penguatan verbal dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Karuwisi II Makassar, (iii) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah pengajaran tanpa penguatan verbal dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Karuwisi II Makassar, dan (iv) untuk mengetahui pengaruh penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS di SDN Karuwisi II Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V yaitu kelas V A yang terdiri dari 22 siswa dan kelas V B juga 22 siswa. Sampel diambil dari semua anggota populasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen true experiment design dengan desain pre-test post-test control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa dan variabel bebas adalah penggunaan penguatan verbal dalam pembelajaran IPS. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar IPS, lembar observasi guru dan siswa serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i.a) Penggunaan penguatan verbal oleh guru dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Karuwisi II Makassar tergolong baik; (i.b) Cara belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS menggunakan penguatan verbal di SDN Karuwisi II Makassar tergolong baik; (ii) Motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pemberian penguatan verbal dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Karuwisi II Makassar mengalami peningkatan; (iii) Motivasi belajar siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah pengajaran tanpa penguatan verbal dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Karuwisi II Makassar mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan; (iv) Penggunaan penguatan verbal dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS di SDN Karuwisi II Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:24
Last Modified: 13 Apr 2018 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7467

Actions (login required)

View Item View Item