Pengembangan Dosen Universitas Republik Indonesia Makassar.

ISLAMIC., NURUL (2015) Pengembangan Dosen Universitas Republik Indonesia Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
3. ARTIKEL PENGEMBANGAN DOSEN.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Fokus Penelitian ini adalah : bagaimana strategi pengembangan dosen, faktor internal (kekuatan dan kelemahan), faktor eksternal (peluang dan tantangan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi pengembangan dosen, faktor internal (kekuatan dan kelemahan), dan faktor eksternal (peluang dan tantangan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di UVRI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah pimpinan yang berkompeten dengan strategi pengembangan dosen di UVRI Makassar, yang dipilih dengan menggunakan metode purporsive. Adapun informan yang dipilih berjumlah 8 orang dosen yang menjabat sebagai pimpinan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pengembangan dosen UVRI Makassar dilakukan melalui (a) strategi pendidikan, (b) strategi pengalaman kerja, (c) strategi pelatihan, dan (d) strategi keterampilan. Strategi pengembangan tersebut sudah dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku tetapi belum optimal dan maksimal. Juga strategi itu dilaksanakan melalui renstra dan program kerja UVRI Makassar yang arahnya sudah tepat, namun realisasinya belum sesuai yang diharapkan, (2) ada sejumlah faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di UVRI Makassar. Faktor kekuatan yang dimiliki belum dimanfaatkan secara maksimal dan optimal; sebaliknya faktor kelemahan yang dialami tidak dijadikan sebagai sarana intropeksi diri dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. (3) ada juga sejumlah faktor eksternal (peluang dan tantangan) yang mempengaruhi strategi pengembangan dosen di UVRI Makassar. Faktor peluang yang ada sesungguhnya terbuka, akan tetapi belum dijadikan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk mengatasi kelemahan dan tantangan, tentu dengan mengerahkan segala kekuatan. Sebaliknya faktor tantangan belum dapat diatasi dengan baik karena peluang yang ada dan kekuatan yang dimiliki belum dimanfaatkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:09
Last Modified: 13 Apr 2018 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7461

Actions (login required)

View Item View Item