Pengembangan Model Pembelajaran MOTORIC Berwawasan Lingkungan Bagi Siswa SMP di Kota Kupang

sukarjita, I WAYAN (2015) Pengembangan Model Pembelajaran MOTORIC Berwawasan Lingkungan Bagi Siswa SMP di Kota Kupang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel Disertasi.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran MOTORIC yang dapat dipergunakan untuk mengintegrasikan materi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) pada materi Sains SMP. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan model pembelajaran MOTORIC yang mengintegrasikan materi PLH ke dalam materi Sains SMP, (2) mendesain perangkat pembelajaran model MOTORIC, (3) mengetahui peningkatan pengetahuan lingkungan siswa dan (4) mengetahui peningkatan sikap berwawasan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan mengadaptasi model Borg & Gall dengan pengembangan perangkatnya mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Pengembangan model pembelajaran MOTORIC ini meliputi 4 tahapan yaitu: (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Implementasi dan Evaluasi. Sampel survey untuk analisis kebutuhan (needs assessment) melibatkan 108 responden guru Sains yang berasal dari 45 SMP/MTs yang ada di Kota Kupang yang ditentukan secara acak. Sampel survey non guru (umum) terdiri atas 22 responden yang berasal dari praktisi pendidikan, orangtua siswa, akademisi, pengawas sekolah dan widyaiswara LPMP Provinsi NTT yang ditentukan secara purposive sampling. Sampel pada tahap implementasi (eksperimen) terdiri dari dua kelas siswa kelas VII SMP N 13 Kupang. Hasil pengembangan produk berupa sebuah model pembelajaran MOTORIC dengan perangkat pembelajarannya meliputi: materi ajar MOTORIC, Panduan Implementasi Sikap (PIS) berwawasan lingkungan, media suplemen MOTORIC, RPP dan Silabus MOTORIC. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektivan produk menunjukkan bahwa produk model pembelajaran MOTORIC terkategori valid, praktis dan efektif sebagai sebuah model pembelajaran yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran PLH terintegrasi dalam pembelajaran Sains siswa SMP. Hasil penelitian pada tahap eksperimen menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran MOTORIC dapat meningkatkan pengetahuan lingkungan siswa sebesar 68,07%, serta meningkatkan sikap berwawasan lingkungan siswa SMP sebesar 21,10%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Kependudukan dan Lingk. Hidup (s2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:32
Last Modified: 13 Apr 2018 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7391

Actions (login required)

View Item View Item