Kemampuan Memahami Isi Wacana Narasi Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa

MUSDALIFA .K, MUSDALIFA .K (2017) Kemampuan Memahami Isi Wacana Narasi Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
9. SKRIPSI BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Dengan jumlah sampel 32 orang siswa dan memiliki tujuan secara khusus, yaitu: (1) mendeskripsikan kemampuan memahami pesan yang terkandung dalam swacana narasi “anak tukalumanyang” siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa, (2) mendeskripsikan kemampuan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa, (3) mendeskripsikan kemampuan memahami pesan yang di sampaikan tukalumanyang kepada kedua anaknya yang ada dalam wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa, dan (4) mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali wacana narasi “anak tukalumanyang” secara singkat dalam wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes pada sampel penelitian. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) mencari nilai sampel, (4) mencari frekuensi kuantitatif perolehan nilai, dan (5) mencari persentase kemampuan siswa. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa tidak mampu memahami isi wacana narasi bahasa Makassar dan secara khusus hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa tidak mampu memahami pesan yang terkandung dalam wacana narasi bahasa Makassar “anak tukalumanyang” (2) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa tidak mampu memahami nilai-nilai yang terkandung dalam wacana narasi bahasa Makassar “anak tukalumanyang”, (3) siswa kelas VIII SMP Negeri Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa mampu menuliskan pesan yang disampaikan oleh “anak tukalumanyang”, dan (4) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa tidak mampu menceritakan kembali wacana narasi “anak tukalumanyang”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:06
Last Modified: 10 Apr 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item