Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa.

.ALI, A.MUH (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel A. Muh. Ali.docx

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan observasi di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran IPS belum terlaksana dengan baik, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang hanya mengaktifkan guru dan kurang melibatkan siswa, sehingga model pembelajaran kooperatif Jigsaw menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran menjadi lebih baik. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran mengenai : (1) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw di SD Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa (ii) hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw di SD Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa dan (iii) seberapa besar pengaruh pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil pembelajaran IPS siswa kelas V SD Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Variabel penelitian yaitu pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model kooperatif tipe Jigsaw dan hasil pembelajaran IPS. Subyek penelitian ialah siswa kelas V SD Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh 16 siswa untuk kelas eksperimen dan 16 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian ini ialah rancangan pembelajaran dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif hasil pembelajaran IPS dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dalam kategori baik. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, sedangakan untuk uji hipotesis hasil perhitungan t hitung < t table, sehingga hipotesis yang diajukan tertolak. Beberapa faktor yang menyebabkan hipotesis tertolak adalah faktor lingkungan sekolah, tingkat kesukaran materi ajar dan kondisi kelas yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:47
Last Modified: 10 Apr 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7304

Actions (login required)

View Item View Item