Disertasi. “Pengembangan Model Bahan Ajar Diklat Keterampilan Menulis Publikasi Ilmiah Berbasis Metode Hypnoteaching bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Sulawesi Selatan”

Alam., Syamsul (2015) Disertasi. “Pengembangan Model Bahan Ajar Diklat Keterampilan Menulis Publikasi Ilmiah Berbasis Metode Hypnoteaching bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Sulawesi Selatan”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Jurnal Baru sekali edit.doc

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis publikasi ilmiah berbasis metode hypnoteaching bagi guru bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan model bahan ajar diklat keterampilan menulis publikasi ilmiah berbasis metode hypnoteaching bagi guru bahasa Indonesia SMP pada LPMP Provinsi Sulawesi Selatan; (2) mendeskripsikan penggunaan model bahan ajar diklat pengembangan keterampilan menulis publikasi ilmiah berbasis metode hypnoteaching bagi guru bahasa Indonesia SMP pada LPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian dan pengembangan ini dihasilkan bahan ajar diklat keterampilan menulis yang di dalamnya tercakup materi pelatihan, bahan tayang, GBPP, dan SAP. Penyusunan bahan ajar berdasarkan hasil Training Need Assessment (TNA) yang dituangkan dalam bentuk Struktur Program Diklat Menulis Publikasi Ilmiah yang di dalamnya terdiri dari tiga bagian, yaitu: bagian umum, bagian pokok, dan bagian penunjang. Bagian pendahuluan berisi kebijakan oleh kepala dinas pendidikan atau kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Bagian pokok berisi materi tentang publikasi ilmiah. Bagian penutup berisi penunjang teks hasil observasi. Bahan ajar diklat menulis publikasi ilmiah yang dihasilkan berjudul Menulis Karya Ilmiah Populer. Bahan ajar diklat menulis publikasi ilmiah berbasis metode hypnoteaching bagi guru bahasa Indonesia SMP dirancang dengan kerangka tulisan yang terbagi tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Bab I Pendahuluan: Latar Belakang, Deskripsi Singkat, dan Kompetensi Dasar dan Indikator. Bab II Uraian Materi. Bab III Rangkuman dan Evaluasi. Wujud penggunaan metode hypnoteaching dalam bahan ajar tersebut terlihat dengan adanya upaya memotivasi peserta diklat yang membaca bahan ajar tersebut. Selain itu, dilihat pemberian motivasi, penggunaan pacing, leading, pemberian pujian, penggunaan kata-kata positif, dan modelling. Melalui temuan penelitian ini direkomendasikan agar (1) ketua MGMP bahasa Indonesia menggunakan bahan ajar diklat yang dikembangkan melalui TNA dan disusun berdasarkan metode hypnoteaching; (2) fasilitator diklat keterampilan menulis publikasi ilmiah yang ditugaskan pada diklat yang dilakukan hendaknya fasilitator yang memahami konsep dan prinsip publikasi ilmiah yang dipersyaratkan; (3) pemerintah daerah harus melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mengarah pada keterampilan menyusun publikasi ilmiah dan karya inovasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 04:07
Last Modified: 10 Apr 2018 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7241

Actions (login required)

View Item View Item