Mustakim, Dwiki Istiqamah (2017) Pengaruh Pemaknaan Simbolik Uang terhadap Pembelian Impulsif pada Karyawan di Makassar. Diploma thesis, Psikologi.
Text
KUMPULAN JURNAL DWIKI ISTIQAMAH.docx Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Perilaku pembelian impulsif pada individu yang dapat menjadi masalah karena penyesalan pasca pembelian dan masalah keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemaknaan simbolik uang terhadap pembelian impulsif pada karyawan di Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah karyawan PT Hadji Kalla. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah subjek sebanyak 138 karyawan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemaknaan simbolik uang terhadap pembelian impulsif pada karyawan (p=0,00, R square= 0,633). Hal ini menunjukkan bahwa pemaknaan simbolik uang memberikan pengaruh sebesar 63,3% terhadap pembelian impulsif, dan 36,67% dipengaruhi oleh faktor lain. Implikasi penelitian ini bagi karyawan yaitu perlu pemahaman mengenai pemaknaan simbolik uang secara positif yang dapat mengurangi timbulnya perilaku pembelian impulsif. .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | PSIKOLOGI |
Divisions: | FAKULTAS PSIKOLOGI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 07:40 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 07:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7038 |
Actions (login required)
View Item |