Hubungan Pemberian Tugas Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Se Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros

Samsul, Nurul Hikmah (2017) Hubungan Pemberian Tugas Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Se Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Other (THESIS)
ARTIKEL NURUL HIKMAH SAMSUL.rtf

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini berlandaskan bahwa pemberian tugas pembelajaran yang diberikan oleh guru dapat berdampak kepada motivasi belajar siswa. enelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran pemberian tugas pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar (2) memperoleh hubungan pemberian tugas pembelajaran dengan hasil belajar IPS siswa (3) memperoleh hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa (4) hubungan Pemberian Tugas Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Se Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPS siswa dan variabel bebasnya adalah pemberian tugas dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Se Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros dengan sampel berjumlah 236 siswa yang berada pada SD se-kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros yang diambil dari secara random. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur pemberian tugas dan motivasi belajar serta dokumentasi. Tingkat pemberian tugas dalam Pembelajaran IPS Siswa SD Se-Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros berada pada kategori rendah, tingkat motivasi belajar IPS siswa SD Se-Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros berada pada kategori sedangTingkat hasil belajar siswa SD Se Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros dengan menggunakan indikator keberhasilan berada pada kategori cukup. Terdapat hubungan sangat rendah positif dan searah pemberian tugas dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Siswa SD Se-Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Terdapat hubungan rendah dan searah motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Siswa SD Se-Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Terdapat hubungan rendah positif pemberian tugas dan motivasi belajar secara bersama-sama (simultan) dengan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS Siswa SD Se-Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Kata kunci: pemberian tugas, motivasi belajar, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:13
Last Modified: 06 Apr 2018 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item