SUPRIADI, SUPRIADI (2016) PengaruhPenerapanMetodeKodeDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKeterampilanBerbicaraSiswaKelasIV SDNegeri 10 PangkajeneKabupatenSidenrengRappang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Jurnal Supriadi.docx Download (32kB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmetodekode (alihkodedancampurkode) dalam proses pembelajaranbahasa Indonesiaterhadapketerampilanberbicarasiswa, untukmengetahuiketerampilanberbicarasiswaterhadappenerapanmetodekode (alihkodedancampurkode) dalam proses pembelajaranbahasa Indonesia, danuntukmengetahuiapakahadapengaruhpenerapanmetodekode (alihkodedancampurkode) dalam proses pembelajaranbahasa Indonesia terhadapketerampilanberbicarasiswa. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif yang mengambillokasiSDN 10 PangkajeneKecamatanMaritengngaeKabupatenSidenrengRappang.Pengumpulan data dilakukanmelalui,tesdanobsevasiHasilpenelitianmenunjukkanbahwaperhitungan yang diperoleh rata-rata nilaitesketerampilanberbicarasiswapadakelaseksperimenlebihtinggidarinilaiteskelaskontrol.Artinyanilaisiswa yang dalampembelajaranbahasa Indonesia menggunakanmetodekode(alihkodedancampurkode)lebihtinggidengansiswa yang diajarkandenganpembelajarankonvensional. Berdasarkanpengujianhipotesismenggunakanujit, padatarafsignifikansi 0,05diperolehT_hitungpadapre testdanpost testkelaseksperimensebesar 24,7198. SedangkandarihasilperhitungandidapatnilaiT_tabel sebesar 2,06. Sehinggadapatdisimpulkanbahwametodekode (alihkodedancampurkode)dalampembelajaranbahasa Indonesia berpengaruhterhadappeningkatanketerampilanberbicarasiswa. Kata Kunci: Metodekode,pembelajaranbahasa Indonesia, Keterampilanberbicara Siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 02:23 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 02:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6610 |
Actions (login required)
View Item |