Pengaruh PenerapanPermaian di LuarKelaspadaPembelajaran IPS Terhadap KemampuanKerjaSama Siswa kelas IVSD Negeri 4 Parepare

WAHIDA, WAHIDA (2016) Pengaruh PenerapanPermaian di LuarKelaspadaPembelajaran IPS Terhadap KemampuanKerjaSama Siswa kelas IVSD Negeri 4 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Wahida.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntukmenggambarkan pelaksanaan permainan diluar kelas pada pembelajaran IPS, mengetahui kemampuan kerja sama siswa pada pembelajaran IPS, danmengujipengaruhpenerapan permainan di luar kelas dalam pembelajaran IPS terhadap kemampuan bekerja sama siswa di SD Negeri 4 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperimentaldesign yaitu dengan pretes dan posttestcontrol group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel : variabel bebas yaitupenerapanpermaian di luarkelaspadapembelajaran IPSdan variable terikat dalam kerjasamasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 4Parepare yang berjumlah 272. Sampel diambil secara acak berjumlah 49 siswa dengan memperhatikan undur-unsur homogenitas dari populasi tersebut. Selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langah-langah yang sudah ditetapkan melalui teknik matching group kemudian dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol berjumlah 25 dan eksperimen 24 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut divalidasi oleh pembimbing selaku validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: uji normalitas data, homogenitas data, dan uji hipotesis denganbantuanSPSS 22.) for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (i) Penerapanpermainan di luarkelaspadapembelajaranIPS di kelas IV SD Negeri 4Parepare terdiri dari kegiatanpersiapanyang dilakukandalamkelasmeliputipenyampaianmateridaripetunjukdanperaturanpelaksanaanpermainankegiataninti yang meliputipermaian di lakukan di luarkelas, dankegiatanakhir yang meliputipemberiantugasdanpengutanpadasiswa (ii) kerjasama siswa padapembelajaran IPSkelas IV SD Negeri 4Parepare sebelum diberikanperlakuan berada sangatrendahbaikdarikelompok control maupunpadakelompokeksperimentapisetelahdiberikanperlakuanmengalamipeningkatan dimana kerjasama siswa dengan penerapanpermaian di luarkelasi berada pada kategorisangattinggipadakelompokeksperimendanpada kelompok kontrol jugamengalamipeningkatanberadapadakategorisedang(iii) terdapat pengaruh penerapanpermaian di luarkelaspadapembelajaran IPSterhadapkerjasamasiswa kelas IV SD Negeri 4Parepare. Kata Kunci: Permainan di luarkelas, kerjasamasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:17
Last Modified: 03 Apr 2018 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item