Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar

awadil, Fatmawati J (2015) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Diploma thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI TARI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOMULYO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data awal yang didapatkan peneliti, bahwa nilai yang didapatkan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar masih belum mencapai target KKM yang ditentukan pada mata pelajaran seni budaya untuk sub materi seni budaya. Penggunaan metode dalam proses pembelajaran dipandang perlu untuk dikaji untuk melihat permasalahan yang terjadi di kelas tersebut. Rumusan masalah yang diuraikan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran terhadap penguasaan mata pelajaran seni budaya (seni tari) siswa kelas VIII C SMP negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw di kelas VIII C SMP negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus I dan Siklus II yang berisikan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi pada setiap siklus yang dilakukan. Subjek penelitian ini di fokuskan pada di kelas VIII C semester II tahun Pelajaran 2014/2015 yang melibatkan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada siklus I tidak menunjukkan penerapan model pembelajaran yang optimal dikarenakan guru dalam penerapan model ini cenderung melakukan proses pembelajaran yang konvensional dengan masih memproporsikan waktu penjelasan materi dengan model ceramah. Sedangkan untuk penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siklus II, guru dalam penerapan model pembelajaran yang digunakan telah searah dengan model Kooperatif Jigsaw dengan mengefektifkan pada pemberdayaan kelompok kelompok siswa yang dibentuk yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli, serta guru juga intens melakukan pendampingan pada setiap kelompok yang dibentuk. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pada siklus I yang dilakukan siswa belum mencapai target KKM, sedangkan pada Siklus II bahwa siswa kelas VIII C SMP negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar 90% telah memenuhi standar kriteria ketuntasan belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:33
Last Modified: 28 Mar 2018 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item