Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS siswa Kelas V di SD Negeri Se-Kecematan Kajang Kabupaten Bulukumba

BAU, TENRI (2017) Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS siswa Kelas V di SD Negeri Se-Kecematan Kajang Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Tesis.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitia ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba (2) Untuk mengetahui ada hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba(3) Untuk mengetahui ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswakelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba (4) Untuk mengetahui ada hubungan kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswakelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba tehnik pengambilan sampel melalui multi stage random sampling dengan besaran sampel 244 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan uji regresi dan uji korelasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Kedisiplinan belajar, Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS siswakelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba secara semua berada pada kategori tinggi (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswakelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Nilai hasil belajar mengikuti peningkatan kedisiplinan dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0,492 dan sumbangan efektif R2 sebesar 24,2%. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPSsiswakelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumban. Nilai hasil belajar mengikuti peningkatan motivasi belajar dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0,490 dan sumbangan efektif R2 sebesar 24%. (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswakelas V di SD Negeri Se-Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumban. Nilai hasil belajar IPS merupakan fungsi linear dari kedisiplinan belajar dan motivasi belajar artinya hasil belajar IPS mengikuti peningkatan sebesar 0,548 dan sumbangan efektif (R2) sebesar 30%. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar Dan motivasi belajar Dengan Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:55
Last Modified: 21 Mar 2018 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item