Keefektifan Penerapan Model Moody Terhadap Pembelajaran Apresiasi Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba

WARDIHAN, WARDIHAN (2017) Keefektifan Penerapan Model Moody Terhadap Pembelajaran Apresiasi Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan dan mendeskripsikan pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba sebelum diberi perlakuan (pre-test), (2) membuktikan dan mendeskripsikan pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba setelah diberi perlakuan (post-test), (3) membuktikan dan mendeskripsikan keefektifan penerapan model Moody terhadap pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre-eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian one group pretes posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 bulukumba yang berjumlah 117 orang. Jumlah tersebut terbagi ke dalam 4 kelas. Dengan cara random, terpilih kelas VIIIa. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua cara yaitu secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba sebelum diberikan perlakuan dikategorikan rendah. Hasil pembelajaran apresiasi drama menunjukkan bahwa sebanyak 96,7% yaitu 29 orang siswa memperoleh nilai 75 ke bawah, hanya 3,3% yaitu 1 orang siswa memperoleh nilai 75 ke atas. (2) pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 bulukumba setelah diberikan perlakuan dikategorikan tinggi. Terjadi peningkatan sebanyak 90% yaitu 27 orang siswa memperoleh nilai di atas 75, hanya 10% yaitu 3 orang siswa memperoleh nilai 75 ke bawah. (3) penerapan model Moody efektif terhadap pembelajaran apresiasi drama siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bulukumba, penerapan model Moody memenuhi tiga indikator, antara lain: kualitas pembelajaran, kuantitas pembelajaran, serta waktu. Hasil Uji hipotesis thitung = 13,509 > ttabel =2,045. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Moody efektif diterapkan terhadap pembelajaran apresiasi drama. Sebagai saran kepada guru agar menggunakan model pembelajaran Moody pada pembelajaran sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:39
Last Modified: 20 Mar 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5844

Actions (login required)

View Item View Item