Implementasi Supervisi Akademik Pengawas SMA di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang

Nusdiana, Nusdiana (2017) Implementasi Supervisi Akademik Pengawas SMA di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL NUSDIANA.docx

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran prinsip implementasi supervisi akademik pengawas Sekolah di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. (ii) untuk mengetahui gambaran teknik implementasi supervisi akademik pengawas Sekolah di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. (iii) untuk mengetahui Faktor Pendukung Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.(iv) untuk mengetahui Faktor Penghambat Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pengawas SMA di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang melaksanakan supervise dengan prinsip implementasi supervisi yang meliputi prinsip ilmiah, demokrasi, kerjasama, konstrutif dan kreatif dalam melakukan pengawasan meskipun belum maksimal. (ii) Pengawas SMA di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang melaksanakan supervise dengan teknik implementasi supervisi yang meliputi teknik perseorangan dan teknik kelompok dalam melakukan pengawasan meskipun belum maksimal. (iii) Faktor pendukung implementasi supervisi akademik pengawas yaitu tujuan pendidikan telah dipahami oleh guru, dan adanya umpan balik dari pengawas, (iv) faktor penghambat implementasi supervisi akademik pengawas adalah penggunaan waktu yang tidak efektif dan efisien, pengetahuan peserta didik kurang memadai, dan guru takut untuk di supervisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 06:42
Last Modified: 19 Mar 2018 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5807

Actions (login required)

View Item View Item