Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa Sekolah Dasar

FADILLAH, ANDI NUR (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat (i) gambaran penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN KIP Maccini Makassar, (ii) gambaran kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), dan (iii) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN KIP Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian true experiment (experimen penuh) dengan desain pretest-possttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner kemampuan bekerjasama. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 70 orang di SD KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar semester genap Tahun Ajaran 2017. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Random sampling (acak sederhana) sehingga sebanyak 30 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 orang siswa.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan model pembelajaran lansung. Pada tahap Think (Berpikir Individu), Pair (Berpasangan/Berkelompok), Share (Berbagi/Presentasi) pada umumnya terlaksana dengan baik. Kemampuan bekerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berada pada kategori rendah, setelah penerapan model pembelajaran Kooperatiftipe TPS (Think Pair Share) berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah ke kategori sedang. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berpengaruh positif terhadap kemampuan bekerjasama pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN KIP (Kampoeng Implementasi Program) Maccini Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:19
Last Modified: 16 Mar 2018 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item