Keterampilan Membacakan Teks Rupama Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 26 Makassar

RAWATI, RAWATI (2017) Keterampilan Membacakan Teks Rupama Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
rawati bab 1.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan membacakan teks rupama bahasa Makassar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 26 Makassar.Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII-1 SMP Negeri 26 Makassar tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 272 orang dengan penyebaran 9 kelas. Populasi tersebut bersifat homogen karena penentuan kelas tidak berdasar pada kemampuan akademik.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling. Penarikan sampel digunakan dengan mengundi nama kelas yang terdiri dari 9 kelas sehingga didapatkan satu sampel yaitu siswa kelas VII-1 sebanyak 31 orang sesuai dari jumlah populasi kelas. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, maka digunakan nontes berupa video atau rekaman siswa sebagai instrument penelitian dengan menggunakan media rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII-1 SMP Negeri 26 Makassar belum mencapai standar yang ditentukan yaitu 80% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 12 siswa mampu memperoleh nilai ≥75.Berdasarkan kriteria penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, ternyata siswa hanya memperoleh nilai ketuntasan minimal (KKM) hanya 12 orang siswa dengan persentase 38,70% dan yang memperoleh di bawah 75 KKM 19 siswa dengan persentase 61,29%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 06:03
Last Modified: 16 Mar 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item