Hubungan Supervisi Akademik Pengawas dan Motivasi Kerja dengan Kemampuan Guru dalam Penilaian Pada SMA di Kabupaten Enrekang

MUHTAR, MUHTAR (2015) Hubungan Supervisi Akademik Pengawas dan Motivasi Kerja dengan Kemampuan Guru dalam Penilaian Pada SMA di Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui hubungan supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja guru baik secara parsial maupun secara simultan dengan kemampuan guru dalam penilaian pada SMA di kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA di Kabupaten Enrekang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Area Simple Random Sampling. Banyaknya anggota sampel 119 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) supervisi akademik pengawas sekolah di Kabupaten Enrekang berada pada kategori baik, ini berarti bantuan yang diberikan oleh pengawas sekolah telah dirasakan manfaatnya oleh guru, 2) motivasi kerja guru di Kabupaten Enrekang berada pada kategoti tinggi, ini berarti guru sudah baik dalam melakukan tugasnya, 3) kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang berada pada kategoti sedang, 4) ada hubungan yang signifikan antara supervisi akademik pengawas sekolah dengan kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang, 5) ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang,6) ada hubungan yang signifikan antara supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2018 03:14
Last Modified: 13 Mar 2018 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item