Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran di Luar Ruangan Terhadap Keaktifan Belajar Sains Murid di SDN Karuwisi III Makassar

SAYYIDIN, MUHAMMAD (2017) Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran di Luar Ruangan Terhadap Keaktifan Belajar Sains Murid di SDN Karuwisi III Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan dalam pembelajaran Sains murid di SDN Karuwisi III Makassar, (2) mengetahui gambaran keaktifan belajar murid dalam pembelajaran Sains di SDN Karuwisi III Makassar menggunakan metode pembelajaran di luar ruangan (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan terhadap keaktifan belajar Sains murid di SDN Karuwisi III Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen true experiment design dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dengan desain pre-test post-test control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keaktifan belajar murid dan variabel bebasnya adalah pelaksanan pembelajaran di luar ruangan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen lembar observasi dan instrumen angket. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan. Pada pertemuan pertama, pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan oleh guru mendapat persentase 56.41% dengan kategori cukup dan oleh murid 46.15% dengan kategori kurang, pertemuan kedua oleh guru mendapat persentase 74.36% kategori baik dan oleh murid 66.67% dengan kategori cukup, pertemuan ketiga oleh guru mendapat persentase 87.18% kategori sangat baik dan oleh murid 87.18% kategori sangat baik, dan pertemuan keempat oleh guru mendapat persentase 94.87% kategori sangat baik dan oleh murid 92.31% kategori sangat baik. Keaktifan belajar murid dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil uji hopitesis diketahui adanya perbedaan keaktifan murid antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan, hal tersebut ditunjukkan dari nilai t hitung > t table (5.548 > 2.02439) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan skor posttest keaktifan belajar murid, skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 100.35, sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol adalah 79.4 sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Maka pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan berpengaruh terhadap keaktifan belajar murid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:40
Last Modified: 02 Feb 2018 08:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4589

Actions (login required)

View Item View Item