IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Muh. Tawil, - (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING TAHUN KE 3.

[img] Text
Laporan_Hibah_Thn3_Tawil.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi model PFBP diharapkan siswa memperoleh manfaat ganda, yakni 1) pemahaman dan penguasaan materi fisika, dan 2) peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Untuk mecapai target tersebut telah dilakukan implementasi PFBP pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Implementasi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua sintak PFBP terlaksana dengan baik. Implementasi model pembelajaran fisika berbasis portofolio didapatkan bahwa N-Gain keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti PFBP dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tanggapan guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran dan pelaksanaan PFBP sangat positif.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:03
Last Modified: 12 Jun 2024 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35455

Actions (login required)

View Item View Item