ANALISIS STANDAR PROSES KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODEL ILUMINATIF PADA KELAS VII 1 MTS NEGERI 1 MAKASSAR

Novita Sri Wahyuni ANALISIS STANDAR PROSES KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODEL ILUMINATIF PADA KELAS VII 1 MTS NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
10755-Article Text Novita sri wahyuni.pdf

Download (280kB)

Abstract

Novita Sri Wahyuni. 2023. Evaluasi Standar Proses Kurikulum Merdeka melalui Model Iluminatif pada Kelas VII 1 Mts Negeri 1 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitan ini untuk menganalisis implementasi Standar Proses Kurikulum Merdeka melalui Model Iluminatif pada kelas VII 1 MTs Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan metode iluminatif. Deskriptif kualitatif adalah istilah yang digunakan dalam penelitian kualitatif untuk suatu kajian yang bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara, serta dokumentasi bersama tenaga pendidik beserta peserta didik di kelas VII 1 MTs Negeri 1 Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dari pemberian lembar draft wawancara serta peneliti melakukan observasi ketika proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa di Implementasi standar proses kurikulum merdeka di kelas MTs Negeri 1 Makassar berjalan dengan kriteria baik namun belum maksimal dalam pelaksanaannya. Hal tersebut dikarenakan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah ini masih dalam tahap percobaan pada kelas rendah dan data yang diperoleh dari 13 mata pelajaran, 11 mata pelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan Implementasi Kurikulum Merdeka, satu mata pelajaran (Matematika) menggunakan perpaduan perangkat antara IKM dan K13, dan satu mata pelajaran (SKI) masih menggunakan RPP sebagai perangkat pembelajaran. Keyword: Kurikulum Merdeka, Standar Proses, MTs Negeri 1 Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 02:16
Last Modified: 28 May 2024 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35272

Actions (login required)

View Item View Item