MAESARAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul Skripsi.doc Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Download (107kB) |
|
Text
BAB 1.doc Download (54kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (116kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (31kB) |
|
Text
LAMPIRAN.doc Download (389kB) |
|
Text
OBSERVASI SKRIPSI.doc Download (210kB) |
|
Text
dokumentasi.doc Download (14MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (118kB) |
Abstract
MAESARAH. 2015.Penerapan Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd, M.Pd dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam menentukan pokok pikiran tiap paragraf. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni 1 orang guru dan 30 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil penelitian keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pembelajaran Bahasa Indnesia keterampilan membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 05:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 05:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34295 |
Actions (login required)
View Item |