LALE ZIYADATI RAHMA SALSABILA (2023) The Application of the Jigsaw Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V Thematic Learning.
Text
ARTIKEL_The Application of the Jigsaw Cooperative Learning M.pdf Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Borongkanang Kec. Bontonompo Kab. Gowa. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I masih berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil tes siklus I nilai rata-rata siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang dimana rata-rata nilai siswa telah memenuhi KKM yang ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Borongkanang Kec. Bontonompo Kab. Gowa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 01:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33946 |
Actions (login required)
View Item |