Muh. Nur Qalbi (2023) Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres Kaili Kabupaten Bantaeng.
Text
jurnal. muh,nurqalbi.pdf Download (368kB) |
Abstract
Muh. Nur Qalbi, 2023. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres Kaili Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus dan Lutfi B). Rendahnya keterampilan membaca pada siswa kelas II karena gaya mengajar guru yang masih konvensional. Guru hanya memberikan contoh cara membaca dan siswa menirukan. Secara tidak langsung siswa hanya memperhatikan cara pengucapan guru tanpa melihat bacaannya. Untuk itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Kaili Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya meliputi: penggunaan langkah-langkah metode SAS dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Kaili. Dalam menggunakan metode ini, kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SAS dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah khususnya di kelas awal untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Inpres Kaili. Pembelajaran membaca dengan menggunakan metode SAS telah dilaksanakan dengan baik. Siswa terlibat secara aktif membaca dan mengikuti arahan dan bimbingan dari guru
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:27 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33667 |
Actions (login required)
View Item |